Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

News

Rest In Peace, Windows XP




Ini adalah akhir. Windows XP anda akan mendapatkan update terakhir hari ini. Oh, itu tidak akan berguling dan menendang ember, tapi terus menggunakannya akan lebih dan lebih berbahaya, karena setiap kerentanan baru yang muncul tidak akan ditambal. Kami diperiksa dengan sejumlah ahli keamanan untuk membahas betapa berisiko hidup bagi mereka yang terus menggunakan XP.

Siapa Masih Menggunakan XP?
Pendapat tentang betapa banyak sistem yang masih berjalan XP bervariasi. Qualys CTO Wolfgang Kandek melaporkan bahwa pangsa pasar XP telah tenggelam dari 35 persen pada Januari 2013 menjadi 14 persen pada bulan Februari 2014. Dia menunjukkan bahwa "komputer yang menjalankan XP akan sangat menjadi sengketa dalam waktu dekat." Kandek juga mencatat bahwa lebih dari 70 persen dari patch keamanan pada 2013 terpengaruh XP. "XP akan terpengaruh oleh sebagian besar masalah yang terpapar pada bulan Mei, Juni dan Juli" kata Kandek, "tapi tidak akan ada obat."

Peter Bright, redaktur teknologi di Ars Technica, melaporkan angka yang lebih tinggi. Menurut penelitian Bright, 28 persen dari Windows komputer masih berjalan XP pada pekan lalu. "Sementara firewall dan langkah-langkah lain akan memberikan beberapa derajat perlindungan, eksploitasi luas para pengguna dengan phishing dan serangan serupa masih sangat mungkin," kata Cerah. "Penulis ini tidak akan sedikit pun terkejut jika gelombang pertama eksploitasi untuk sistem operasi usang terwujud pada atau sekitar 9 April."

Debra Littlejohn Shinder, pemilik dan CEO TACteam, menyarankan perusahaan untuk meng-upgrade semua sistem XP. Dalam sebuah posting blog dia mencatat bahwa meskipun "harfiah tahun pemberitahuan terlebih dahulu" 29 persen dari komputer yang terhubung ke Internet menjalankan XP. "Itu menyenangkan sementara itu berlangsung," katanya, "tapi bisnis harus melihat pada persediaan sistem mereka dan menggigit peluru dan meng-upgrade setiap komputer XP mereka masih memiliki." Dia juga menyarankan menghalangi pekerja jarak jauh dari koneksi ke jaringan perusahaan dari komputer yang menjalankan XP.

Apa yang Akan Terjadi?
Menurut Trustwave Direktur Christopher Pogue, penjahat yang paling mungkin menimbun eksploitasi berbasis XP, menunggu akhir patch keamanan. Tapi tunggu, itu akan lebih buruk. Ada cukup banyak kode bersama antara versi Windows yang berbeda. Pogue menduga bahwa orang-orang jahat akan reverse-engineer patch untuk kerentanan dalam versi Windows masih didukung dan menggunakan informasi tersebut untuk kerajinan eksploitasi yang akan bekerja pada XP. Pogue merekomendasikan bahwa bisnis beralih ke Windows versi yang lebih baru segera.

Membuat Peralihan 
Beralih ke komputer baru dapat menjadi sakit. LapLink telah sekitar hampir selama PC, membuat pilihan untuk mentransfer data ke komputer baru. Perusahaan PC gratis Mover Express tersedia dari windowsxp.com Microsoft dan termasuk Assistance Bebas Transfer perusahaan. "Penelitian menunjukkan bahwa yang tersisa pada Windows XP melewati akhir tanggal dukungan akhir April 8 adalah sangat berisiko," jelas Thomas Koll, CEO dari Laplink Software. "Pengguna mungkin ragu-ragu untuk pindah off dari Windows XP meskipun risiko tersebut karena takut kehilangan senilai tahun data. Dengan PCmover Express untuk Windows XP, tidak ada alasan untuk menunda."

Tetap Debgan XP
Jika Anda tetap dengan XP, Anda harus waspada ekstra. Tes independen telah menunjukkan bahwa hanya menjaga sistem operasi up to date memberikan perlindungan yang signifikan terhadap malware. Anda akan tidak lagi memiliki pilihan itu. Untungnya, sebagian besar vendor keamanan akan terus mendukung XP. Saat ini, pastikan setiap sistem XP memiliki yang kuat dan up-to-date suite keamanan diinstal.

Internet Explorer di bawah XP terjebak pada versi 8; seluruh dunia menggunakan versi 11. Selokan IE sepenuhnya; beralih ke Chrome, Firefox, atau browser non-IE pilihan Anda. Tindakan pencegahan lainnya termasuk menghindari penggunaan WiFi publik, menghapus aplikasi pihak ketiga yang tidak benar-benar diperlukan, dan menggunakan alat seperti Secunia Personal Software Inspector 3.0 untuk memastikan semua aplikasi pihak ketiga yang tersisa sepenuhnya ditambal.

Bahkan jika Anda melakukan apa saja untuk mengeraskan sistem XP Anda terhadap serangan, mereka masih akan tetap lebih rentan daripada PC yang menjalankan Windows versi modern. Cepat atau lambat Anda akan harus meng-upgrade, atau mengganti PC. Mengapa tidak melakukannya sekarang?


Rest In Peace, Windows XP Reviewed by Akrammurridjal Rahman on 07.36 Rating: 5

1 komentar:

WARNING! : Deletion may appear as a reciprocal of Bad Commentings and Spams.

All Rights Reserved by Teknoreview.net © 2011-2014
Powered By Blogge, Designed by Sweetheme

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.